Rabu, 04 Januari 2012


RUMAH ADAT KUDUS TANDA BUDAYA PENUH MAKNA

Ulasan Para Narasumber saat bedah buku di halaman Gedung Ngasirah
Selasa malam (03/01) ada yang menarik dalam Pameran Buku Murah yang diselenggarakan di Gedung Ngasirah Kudus, di seberang jalan raya banyak anak muda yang bergaya diatas motornya, dalam gedung banyak orang jalan-jalan untuk melihat buku-buku yang dipamerkan, terdengar suara music, orang ngaji, serta kerumunan orang yang suaranya menyatu semakin menjadikan suasana serasa di pasar malam. Di sebelah kanan pintu masuk arena pameran dipanggung ukuran 4x4 yang disediakan oleh penyelenggara terlihat empat orang yang sepertinya gayeng melakukan pembicaraan dengan didepannya terdapat beberapa orang yang mendengarkan dengan seksama.


Searah jarum jam, Ketua Karang Taruna Loramwetan, Nur Said (Penulis buku), Sofyan Hadi (Motivator), Syaifuddin Zuhri (bidang Peningkatan SDM Karang Taruna Loramwetan)
Diskusi sederhana yang diselenggarakan dalam rangka bedah buku “Tradisi Pendidikan Karakter dalam Keluarga” Tafsir Sosial Rumah Adat Kudus karya Nur Said, kandidat Doktor kelahiran Kudus tahun 1972 yang beraktifitas sebagai dosen tetap STAIN Kudus. Sebagai pembanding adalah H. Sofyan Hadi selaku pengasuh Pondok Pesantren Al Mawaddah serta Ahdi Riyono, S.S., M.Hum selaku pakar Linguistik di Kudus yang juga sebagai dosen di Universitas Muria Kudus.

Rumah Adat Kudus merupakan tanda budaya yang kaya akan makna, disampaikan bahwa keberadaan rumah adat Kudus pada awalnya tidak lepas dari wujud strategi kebudayaan sekaligus ekspresi simbolik dari pemiliknya yang muslim pribumi untuk diperhitungkan oleh colonial Belanda yang pada zamannya cenderung memarginalkan masyarakat pribumi. Nur Said juga mengatakan bahwa Rumah Adat Kudus merupakan reprentasi dari tatanan nilai kehidupan masyarakat.

Catatan singkat dalam diskusi tersebut adalah bahwa Peran rumah itu tidak hanya sebagai tempat berlindung tapi juga sebagai Madrasah bagi penghuninya juga orang yang singgah kedalamnya bisa ditafsirkan sebagai bentuk nilai kehidupan yang tersimpan dalam Rumah Adat Kudus. (Karya Muda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar